, Indonesia
Photo from Antara.

Presiden Indonesia Jokowi mendesak regulator untuk meningkatkan pemantauan asuransi

Presiden mengingatkan bahwa beberapa pengaduan tahun lalu belum terselesaikan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendesak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk meningkatkan pengawasan terhadap perusahaan asuransi, pinjaman online, dan investasi di tengah banyaknya pengaduan masyarakat yang menerima kerugian belakangan ini.

Jokowi menyebutkan, laporan pengaduan dari 2022 hingga 2023 belum juga terselesaikan.

Presiden menyinggung kasus penyalahgunaan dana nasabah di perusahaan asuransi seperti PT Asabri Persero dan PT Jiwasraya Persero serta mengatakan hal itu seharusnya tidak terjadi lagi.

Presiden juga menyinggung kasus di KSP Indosurya dan PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (WanaArtha Life) yang merugikan banyak pihak.

Jokowi mengimbau regulator memantau kinerja perusahaan asuransi secara komprehensif.

Sebelumnya, OJK menempatkan 11 perusahaan asuransi dalam daftar pengawasan khusus atau kategori yang membutuhkan perbaikan kondisi keuangan.

Pada 2 Februari 2023, Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Perbankan OJK Ogi Prastomiyono melaporkan sebelumnya ada 13 perusahaan seperti itu, meskipun dua perusahaan asuransi telah berhasil memperbaiki dan mengembalikan pengawasan ke normal.

Sementara izin usaha satu perusahaan, WanaArtha Life dicabut, sedangkan ada tambahan perusahaan yang masuk dalam daftar pengawasan khusus, Ogi menambahkan.

Selain WanaArtha Life, tiga perusahaan lainnya adalah Kresna Life, AJB Bumiputera dan Jiwasraya, sedangkan 11 perusahaan lainnya tidak bisa disebutkan namanya.

Sektor asuransi akan memanfaatkan peluang pertukaran karbon di Indonesia

Pertukaran karbon memberikan peluang bagi industri keuangan, khususnya sektor asuransi umum.

Linda Purnama bergabung dengan Gallagher Re untuk memimpin tim Indonesia

Dia  memiliki pengalaman selama 25 tahun di bidang reasuransi di seluruh Asia Pasifik.

Bagaimana InsurSaathi mempercepat penerimaan agen baru di pedesaan India

Platform terintegrasi InsurSaathi dilengkapi dengan modul pelatihan asuransi internal untuk memberdayakan agen demi keberhasilan asuransi mikro.

MNC Life Assurance memanfaatkan keunggulan media untuk perluasan pasar

CEO Risye Dillianti memanfaatkan kekuatan media untuk memperluas jangkauan dan edukasi MNC Life sekaligus mengamankan hampir 300.

PSAK 74, mentransformasi praktik asuransi di Indonesia menjadi lebih baik

Metode baru dalam menyajikan laporan keuangan meningkatkan transparansi dan kepercayaan pasar terhadap industri asuransi.

Great Eastern menjembatani keberlanjutan dan asuransi melalui integrasi portofolio

Perusahaan asuransi asal Singapura ini menekankan peran kepatuhan terhadap keberlanjutan di antara perusahaan asuransi meskipun investasi berkelanjutan menghadapi masalah pasokan dan permintaan.

Ciputra Life melampaui pasar yang telah mereka kuasai dengan mengatasi permasalahan nasabah

Pendekatannya yang berpusat pada nasabah menghasilkan 60% nasabah non-captive.

Qoala dalam misi berbasis teknologi untuk mengasuransikan lebih banyak warga Malaysia

Platform daring ini mempromosikan literasi keuangan dan kemitraan strategis, yang selaras dengan agenda asuransi pemerintah.

Upgrade AI oleh Zurich Indonesia mempercepat polis kendaraan

AI menyederhanakan penilaian dan memungkinkan bisnis P&C perusahaan asuransi mengalami pertumbuhan GWP sebesar 20% yang luar biasa selama Q1 2023.

Tune Protect memimpin dalam layanan asuransi bertenaga cloud

Prasanta Roy dari Tune Protect menangani digitalisasi dan mengatasi tantangan regulasi untuk layanan yang efisien, terukur, dan aman di Insurance Asia Forum 2023.